Cara mengawinkan kelinci dengan mudah

Post On: November 9, 2017
By: Dhio

Setiap peternak kelinci harus tahu cara mengawinkan kelinci dengan mudah. Yang paling penting adalah pastikan bahwa kelinci sudah siap kawin. Berikut ini adalah cara mengawinkan kelinci dengan mudah.

Cara mengawinkan kelinci dengan mudah

Beberapa cara mengawinkan kelinci dengan mudah.

Dengan membawa kelinci betina ke kandang pejantan

Jangan terbalik. Hal ini dikarenakan agar sang jantan merasa percaya diri dan siap melakukan dominasi terhadap kelinci betina. Saat yang tepat untuk mengawinkan kelinci yaitu di saat cuaca sejuk misalnya pada pagi, sore menjelang malam dan malam hari. Atau waktu yang ideal jam 6-8 pagi atau 6-8 malam.

Keadaan kandang yang aman dan nyaman

Ketika kelinci betina dimasukkan ke kandang kelinci jantan, biarkan mereka melakukan pemanasan dan pengenalan dengan berputar putar. Setelah kelinci jantan menaiki kelinci betina selama 5 menit, turunkan kelinci jantan dan masukkan kembali kelinci betina ke kandangnya. Biarkan kelinci betina tenang kira kira 15 menit, lalu masukkan lagi kelinci betina ke kandang kelinci jantan. Jika kelinci betina menolak untuk kembali bercinta, ini tandanya bahwa kelinci betina sudah dikawini oleh kelinci jantan.

Kelinci tidak mau kawin lagi

Mungkin ini disebabkan kelinci sedang hamil atau menyusui. Sebab itu ditunggu hingga sebulan kemudian baru dilakukan kembali proses perkawinannya.

Beberapa faktor penyebab kelinci tidak mau kawin.

Kondisi kandang kelinci jantan tidak nyaman. Seperti terlalu sempit atau kurang bersih sehingga keinginan kelinci betina untuk kawin menjadi hilang. Jika ini penyebabnya maka cari kandang yang lebih luas dan lebih bersih. Lebih baik lagi sediakan ruang terbuka agar kelinci jantan dan betina bisa melakukan proses kawin dengan lebih alami.

Kelinci betina sedang stress. Jika kelinci betina sedang stress, maka jangan dipaksa. Lebih baik kembalikan kelinci betina ke kandangnya. Lalu lakukan lagi proses perkawinan minggu berikutnya.

Cara terbaik untuk mengawinkan kelinci adalah dengan membiarkan kelinci jantan dan betina bermain dulu di ruang terbuka.

beberapa Cara mengawinkan kelinci dengan mudah

Demikian informasi mengenai cara mengawinkan kelinci dengan mudah. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai mengetahui ciri ciri kelinci yang sedang sakit.