Cara mencegah kucing peliharaan dari serangan kutu

Post On: November 10, 2017
By: Dhio

Setiap pemelihara kucing perlu tahu cara mencegah kucing peliharaan dari serangan kutu. Ciri yang mudah diketahui adalah kucing tiba tiba kaget lalu menggaruk garuk tubuhnya. Jika melihat bagian leher biasanya ada binatang kecil berwarna coklat kemerah merahan maka sudah pasti itu adalah kutu. Untuk menghilangkannya Sisir dengan menggunakan sisir kutu khusus kucing. Kucing bisa diberdirikan di atas kertas putih agar bisa anda lihat kutu yang jatuh dari tubuh kucing. Sisir kucing dari kepala hingga ekor.

Cara mencegah kucing peliharaan dari serangan kutu

Beberapa cara mencegah kucing peliharaan dari serangan kutu.

Pastikan kebersihan lingkungan dimana kucing bermain. Baik itu di karpet, tempat tidur dan sela sela perabotan rumah.

Selalu berikan makanan yang cukup nutrisi karena kucing yang sehat biasanya rentan tertular kutu.

Harus rajin memandikan kucing sekali setiap minggu. Karena mandi bisa membawa sisa sisa telur kutu yang menempel di bulu kucing lalu sisir dengan sisir kutu agar semakin sedikit kutu maupun sisa sisa kutu yang menempel di tubuh kucing.

Gunakan shampo anti kutu dan obat khusus anti kutu. Bisa anda berikan saat mandi atau anda langsung berikan di daerah yang terlihat kucing suka menggaruk garuknya.

Mandikan kucing dengan shampo anti kutu.

Oleskan obat anti kutu ketika kucing anda terlihat mulai menggaruk garuk tubuhnya.

Obat tradisional yang bisa digunakan adalah air jeruk lemon dan cuka dicampur lalu siramkan ke tubuh kucing. Kedua cairan ini bisa mengusir kutu dan bisa menyembuhkan luka akibat kutu. Bahkan bisa memberikan nutrisi tambahan agar bulu kucing selalu bersih dan mengkilat. Cara membuatnya yaitu potong satu jeruk lemon lalu masukkan ke dalam air sebanyak 1 liter lalu rebus hingga mendidih. Setelah dingin campur dengan satu botol kecil cuka. Lalu mandikan kucing dengan air tersebut. Lalu sisir kembali dengan sisir khusus kutu untuk kucing.

Selalu pastikan perabotan di rumah terbebas dari kutu.

Jaga kucing agar tidak ada kontak langsung dengan kucing liar.

beberapa Cara mencegah kucing peliharaan dari serangan kutu

Demikian informasi mengenai cara mencegah kucing peliharaan dari serangan kutu. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai jenis cacing yang sering menyerang pencernaan kucing.