Cara memilih lovebird yang Bagus

Post On: November 22, 2015
By: Dhio

Cara memilih lovebird yang bagus adalah harus sehat dan hal lain yang bisa dilakukan jika kamu mengetahui apa yang harus dicek di tubuh burung lovebird. Memelihara lovebird dapat dimulai dari burung yang sudah dewasa atau masih bakalan. Kondisi burung yang akan dipelihara harus benar dalam keadaan sehat.

memilih lovebird

PanduanĀ cara memilih lovebird yang bagus

  1. Mata terbuka lebar, bening bersinar dan tidak bengkak di sekitar lehernya.
  2. Paruh tidak memanjang (semakin bengkok semakin bagus) dan tidak berlendir.
  3. Kondisi bulu mengkilap dan tertata rapi (tidak ada bulu berdiri, terbalik bahkan hilang atau rusak). Termasuk bulu di sekitar dubur terlihat bersih.
  4. Lubang hidung normal tidak tertutup dan kering serta tidak berlendir.
  5. Dada saat diraba nampak berisi dan tidak cekung.
  6. Jumlah jari kaki harus genap dan kukunya tidak panjang, saat bertengger posisi kedua jarinya mengarah ke depan dan dua jari lainnya mengarah ke belakang.
  7. Pernapasan tampak tenang dan teratur.
  8. Kotoran tidak terlampau cair.
  9. Apabila akan diberi makan, burung tersebut mau makan atau kita lihat dia bersemangat makan.
  10. Nampak lincah dan menunjukkan reaksi terhadap burung yang mendekatinya.
  11. Jangan sekali-kali memilih lovebird yang terlihat lesu dan berada didalam sudut sangkar.
  12. Memilih lovebird yang bagus terakhir yaitu sering berpasangan yang ditandai dengan bertengger saling berdekatan dan saling menyelisik bulu di kepala serta leher.

Setelah mengetahui cara memilih lovebird yang bagus, banyak para hobis burung ini mencoba menternakkan burung ini. Kamu ingin memelihara burung lovebird dan ingin menempatkan burung berbulu indah ini secara berpasangan, sebaiknya mengetahui cara mendeteksi atau membedakan jenis kelaminnya. Sebab bila lovebird ditempatkan dengan sesama jenis biasanya sering berkelahi dan kadang sampai membawa kematian. Lovebird sebagai simbol cinta ini memang lebih indah bila ditaruh di sangkar secara berpasangan. Perilaku sangat romantis layaknya orang yang sedang memadu kasih. Namun keromantisan itu hanya bisa terjadi bila kedua burung ini berlainan jenis secara bersama sama atau berkoloni.

Cara memilih lovebird yang bagus

Cara memilih lovebird yang bagus dalam membedakan jenis kelamin lovebird dapat dilihat dari paruh. Jenis kelamin jantan bagian atas berukuran lebih kecil dan ramping, sedangkan yang betina lebih lebar dan besar. Perbedaan ukuran paruh betina dan jantan ini memang tidak seberapa mencolok namun bila kita teliti dan jeli perbedaan itu akan dapat terlihat. Cara tersebut masih dianggap belum akurat, pasalnya membedah jenis kelamin lovebird tidaklah mudah, sebab secara fisik antara jantan dan betina relatif sama. Begitupun suaranya tidak bisa dijadikan pembeda. Lovebird betina bisa bersuara tebal dengan lagu bervariasi, sehingga sulit untuk dibedakan dengan yang jantan.

Maka itu memilih melalui kelompok di kandang besar atau dalam kandang penjodohan adalah cara paling efektif dan akurasinya lebih tepat. Pada keadaan tertentu pemilihan melalui alat bantu pendulum memang bisa membantu namun kadang juga bisa meleset. Lagi pula alat ini membutuhkan uang dan agak sulit didapat.

Cara memilih lovebird yang bagus melalui bentuk tubuh

Jantan yaitu ukuran tubuh lebih kecil dari betina dan capit udang keras, rapat dan lancip.

Betina yaitu ukuran tubuh lebih besar, capit udang lembek, lebar dan tumpul, dan jika sedang birahi sering mengumpulkan bahan sarang dan diselipkan di antara kedua sayap sebelum dibawah ke dalam kotak sarang.

Cara memilih lovebird yang bagus untuk dipelihara dirumah

Demikianlah informasi mengenai cara memilih lovebird yang bagus, untuk info mengenai jenis-jenis burung peliharaan lainnya silahkan lihat di Home. Untuk informasi berikutnya silahkan lihat diĀ cara beternak burung lovebird.