Cara memilih bibit kambing potong yang bagus

Post On: November 9, 2017
By: Dhio

Setiap calon peternak kambing harus tahu cara memilih bibit kambing potong yang bagus. Biasanya ada 2 jenis kambing potong yang sering di ternakkan yaitu kambing Kacang atau sering di kenal juga sebagai kambing Jawa dan kambing Etawa.

Kambing Kacang atau kambing Jawa cirinya adalah badannya kecil dan relatif pendek, telinganya juga pendek dan tegak dan memiliki sepasang tanduk, lehernya yang pendek dan punggung meninggi. Jenis kambing ini lebih mudah perawatannya karena lebih tahan terhadap penyakit dan memiliki presentase perkembangbiakan yang bagus.

Kambing Etawa ukuran tubuhnya lebih tinggi dan lebih besar serta telinganya memanjang ke bawah sepanjang 15 – 30 cm. Hidung ke atas melengkung dan warna bulunya bervariasi antara coklat, Namun putih dan hitam adalah yang paling sering dijumpai. Kambing jenis ini bisa menghasilkan susu yang banyak, sehingga sering di gunakan juga sebagai penghasil susu. Dan cocok juga di jadikan sebagai kambing penghasil daging.

Cara memilih bibit kambing potong yang bagus

Cara memilih bibit kambing potong yang bagus

Setelah memilih jenis kambing yang kamu inginkan. Pilihlah bakalan bibit yang berkualitas, tidak berpenyakit dan tidak cacat fisik. Usia kambing yang ideal dijadikan bibit yaitu sudah berumur 4 bulan. Karena pada usia tersebut kambing sudah bisa membentuk daging dan lebih mudah untuk di gemukkan.

Pilih yang bulunya mengkilat, matanya bening, tidak cacat, dan kakinya kokoh lurus.

Mulut dan hidung tidak berlendir dan anusnya bersih.

Usia ideal penggemukan berusia 8 – 12 tahun.

Pilih yang bentuk ekornya melebar dan bukan berbentuk seperti cambuk. Karena yang ekornya melebar lebih cocok dalam pembentukan daging yaitu hanya dalam waktu 3 bulan.

beberapa Cara memilih bibit kambing potong yang bagus

Demikian informasi mengenai cara memilih bibit kambing potong yang bagus. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai pemilihan pakan yang benar untuk menggemukkan kambing.