Cara memeriksa kesehatan hewan peliharaan sendiri di rumah

Post On: November 11, 2017
By: Dhio

Setiap pemilik hewan peliharaan harus tahu cara memeriksa kesehatan hewan peliharaan sendiri di rumah sehingga apabila mendapatkan hal yang membahayakan bisa langsung di bawa ke dokter hewan.

beberapa Cara memeriksa kesehatan hewan peliharaan sendiri di rumah

Beberapa cara memeriksa kesehatan hewan peliharaan sendiri di rumah.

Memeriksa selaput lendir yang ada di gusi, kelopak mata dan bagian putih mata. Ini dilakukan untuk mengecek peredaran darah apakah berjalan normal atau tidak. Jika selaput lendir tersebut berwarna pucat dan kebiruan ini menandakan kurangnya asupan oksigen dan kurang lancarnya peredaran darah. Jika mendapati berwarna kuning maka adanya fungsi hati yang ditandai dengan muntah. Jika lendir berwarna merah ini berarti adanya bekuan darah akibat benturan dengan benda keras.

Memeriksa kulit. Cek apakah kulit hewan memiliki elastisitas yang baik. Apakah ada memar, kebiruan, lepuh, bersisih, atau kering.

Memeriksa suhu tubuh. Peningkatan suhu tubuh atau demam bisa menandakan adanya infeksi di tubuh hewan. Suhu normal anjing berada di kisaran 37-39 derajat celcius. Jika mendapati binatang peliharaan anda memiliki suhu tubuh lebih tinggi dari yang seharusnya maka harus dibawa ke dokter hewan secepatnya.

Memeriksa frekuensi denyut nadi hewan. Jika terjadi 100 kali denyut dalam waktu 1 menit berarti hewan tersebut dalam kondisi sehat.

Memeriksa frekuensi napas. Memeriksa frekuensi napas ini dilakukan ketika kucing sedang istirahat setelah melakukan aktivitas tetapi ketika kucing sudah cukup lama bersantai. Lihat daerah perutnya pada daerah yang kembang kempis. Jika dalam satu menit kucing atau anjing bernapas selama 30 kali berarti dalam keadaan normal. Jika lebih atau kurang maka segera bawa kucing atau anjing peliharaan anda ke dokter hewan secepatnya.

Cara memeriksa kesehatan hewan peliharaan sendiri di rumah

Demikian informasi mengenai Cara memeriksa kesehatan hewan peliharaan sendiri di rumah. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai waktu yang tepat untuk membawa binatang peliharaan ke dokter hewan.