Cara memelihara kesehatan sapi ternak

Post On: November 9, 2017
By: Dhio

Setiap peternak sapi harus tahu cara memelihara kesehatan sapi ternak. Selain pakan yang mencukupi dan bernutrisi, ternak sapi potong juga membutuhkan perawatan rutin agar perkembangannya berjalan dengan baik.

Cara memelihara kesehatan sapi ternak

Beberapa cara memelihara kesehatan sapi ternak.

Pemberian vaksin diperlukan untuk menghindari penyakit yang serius, seperti: antraks, penyakit mulut dan kuku (PMK) dll.

Pemberian obat cacing diberikan teratur setiap 6 bulan agar sapi tidak terserang cacingan. Penyakit cacingan bisa berpengaruh pada kecepatan pertambahan berat badan saat proses penggemukan dan ini bisa menyebabkan kerugian.

Pembersihan kotoran di kandang dilakukan setiap hari, kalau perlu dilakukan setiap pagi dan sore. Kandang yang bersih membuat sapi nyaman dan tidak mudah stress. Yang membuat sapi lebih kuat dari serangan penyakit.

Jangan lupa untuk memandikan sapi 2 kali dalam seminggu.

Pastikan lantai kandang selalu bersih dan kering. Genangan air di kandang bisa menimbulkan penyakit radang kuku atau kuku busuk, yang di akibatkan kaki dari si sapi terus basah karena menginjak genangan air.

Perlu disediakan kandang karantina untuk mengasingkan sapi yang terkena penyakit agar tidak menular ke sapi lain. Sehingga perlu dilakukan pengecekan rutin setiap bulan sekali.

Banyak keuntungan dalam menjalankan bisnis ternak sapi potong. Perawatan tiidak terlalu rumit karena banyak pakan alami yang sudah tersedia, pasti laku karena permintaan sangat besar, waktu panen yang singkat, limbah atau kotoran sapi bisa di jual kembali.

beberapa Cara memelihara kesehatan sapi ternak

Demikian informasi mengenai cara memelihara kesehatan sapi ternak. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai sapi potong yang memiliki kualitas daging yang baik.