cara memelihara ikan hias air laut

Post On: June 6, 2016
By: Dhio

Pedoman cara memelihara ikan hias air laut

Cara memelihara ikan hias air laut yang pertama yaitu perhatikan waktu dan bagaimana cara mengganti air.

Air di akuarium sebaiknya di ganti dengan air laut sebanyak 20% setiap 1 minggu sekali atau 75% setiap sebulan sekali. Untuk menambahkan air laut dalam akuarium yang menguap, gunakan saja air tawar yang telah diendapkan terlebih dahulu. Hal ini karena yang menguap hanya air dan kadar garamnya tidak.

cara memelihara ikan hias air laut

Selalu cek kadar garam dan pH air

Ikan air laut dan terumbu karang di dalamnya membutuhkan membutuhkan pH dan kadar garam yang sesuai. Kadar pH air dapat di dicek menggunakan kertas lakmus atau pH meter, bila terlalu rendah bisa juga di tambahkan obat Kalkwasser. Kadar garam air akuarium bisa di cek dengan Hydrometer, kadar garam yang normal ada di penunjuk hydrometer.

Cara memelihara ikan hias air laut yang ketiga yaitu Menggunakan protein skimmer yang biasanya ada di toko ikan dan harganya sekitar Rp. 300.000-an

Gunakan terumbu karang hidup untuk menjaga kualitas air secara alami. Terumbu Karang Hidup adalah karang yang ada banyak bagiannya berwarna ungu. Gunakan minimal sepertiga dari ukuran akuariumnya, harganya sekitar Rp 20.000-an per batu.

cara memelihara ikan hias air laut di akuarium

Cara memelihara ikan hias air laut yang kelima yaitu Menggunakan tumbuhan air

Tumbuhan air digunakan untuk menjaga kualitas air dan mempercantik penampilan akuarium. Tumbuhan air yang sering digunakan seperti Rumput Asam (Caulerpa Sertularioides), Rumput Jarum (Chaetomorpha) atau Anggur Hijau. Tumbuhan tumbuhan air tersebut  bisa mengurangi kadar Nitrat secara signifikan serta membuat air lebih menyenangkan buat ikan.

Selalu mengecek suhu air. Gunakan thermometer digital yang dipasang di dalam akuarium dan atur thermometer tersebut pada suhu yang baik untuk ikan dan terumbu karang. Suhu air terbaik untuk ikan laut adalah 28 derajat celcius, dan 25 celcius untuk terumbu karangnya.

Cara memelihara ikan hias air laut yang ketujuh yaitu Adaptasikan ikan dengan kondisi akuarium perlahan lahan.

Ikan hias yang baru dibeli dalam kantung plastik harus disesuaikan dulu suhunya dengan suhu yang ada di akuarium. Biarkan ikan  dalam plastiknya di akuarium selama 20 menit, sesudah itu masukkan sedikit sedikit air akurium ke plastik ikan baru, diamkan lagi selama 10 menit. Setelah itu, ikan bisa dimasukkan ke dalam akuarium. Biarkan lampu akuarium mati dahulu supaa ikan tidak stress.

cara memelihara ikan hias air laut di aquarium

Batasi jumlah ikan.

Ikan yang terlalu banyak dalam akuarium bisa membuat ikan gampang stress dan mati, kalau ikannya banyak maka pemberian makanan juga banyak sehingga air cepat kotor. Ikan yang banyak akan membuat kamu kerepotan merawatnya, lebih lebih terdapat jenis yang berbeda beda. Pilih saja ikan yang paling disukai dan jumlahnya jangan terlalu banyak.

Cara memelihara ikan hias air laut yang kesembilan yaitu Isi akuarium dengan ikan ikan kecil saja

Dengan mengisi akuarium dengan ikan hias kecil, akuarium bisa terlihat jadi lebih luas. Jika diisi dengan ikan besar, akuarium akan terlihat jadi lebih sempit.

Cukup memberi makan sekali dalam sehari

Pada ikan laut dalam akuarium, lebih baik kurang daripada lebih dalam memberikan makanan. Pemberian makan satu kali dalam sehari sudah cukup, makanan yang berlebihan dapat menurunkan kualitas air laut dan membuat cepat jorok akuarium air laut.

Cara memelihara ikan hias air laut yang kesebelas yaitu Memelihara ikan pembersih atau ikan jabing

cara memelihara ikan hias air laut agar selalu bersih

Untuk menghilangkan lumut yang tumbuh di dalam akuarium, pelihara 1 ekor ikan jabing kecil. Ikan jambing atau lawnmower blenny  bisa membersihkan dasar pasir dari lumut karena ikan jabing senang memakan lumut. Cukup pilih saja yang kecil, sebab kalau yang dipilih yang besar maka bisa membuat pasir berantakan.

Pelihara udang pellet (Lysmata amoinensis) setidaknya 7 ekor. Jenis udang ini bisa memakan bakteri bintik putih yang biasanya ada pada tubuh ikan.

Demikian informasi mengenai cara memelihara ikan hias air laut, untuk mengetahui artikel terbaru silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai makanan ikan hias air laut.