Cara memelihara binatang peliharaan yang benar

Post On: February 8, 2017
By: Dhio

Memang banyak orang memiliki banyak binatang peliharaan, tetapi tidak semuanya mengetahui cara memelihara binatang peliharaan yang benar. Dengan mengetahui cara memelihara binatang peliharaan yang benar maka kamu akan berlatih untuk bertanggung jawab, selalu bersih dan disiplin.

Saat memiliki hewan peliharaan, kamu harus mengetahui beberapa hal agar binatang peliharaan kamu dapat tumbuh dengan baik. Perlu diperhatikan kesehatan, makanan, kandang dan cara memperlakukannya.

Cara memelihara binatang peliharaan yang benar

Cara memelihara binatang peliharaan yang benar yang harus diketahui

Memperhatikan Keadaan Hewan.

Saat memutuskan memelihara hewan, pastikan hewan tersebut dalam keadaan sehat, umurnya sudah cukup dewasa dan tidak membutuhkan induknya lagi. Hewan yang sudah cukup dewasa dan mandiri biasanya tidak mudah terkena penyakit dan tidak terlalu sulit merawatnya.

Pemberian Makanan.

Sediakan makanan yang sehat dan sesuai dengan kebutuhannya. Berikan makanan secara teratur setiap harinya. Yang paling penting adalah selalu menyimpan stok makanan yang cukup, agar ketika makanan sudah habis, kamu tidak memberi makan hewan peliharaan kamu dengan makanan yang asal asalan dan tidak sesuai dengan kebutuhannya.

Pembuatan Kandang.

Belilah atau buat kandang yang bersih, aman, cukup luas, jauh dari kebisingan dan sesuai dengan ukuran hewan peliharaan kamu.

Cara memelihara binatang peliharaan yang benar benar baik

Kebersihan Kandang.

Buat kandang selalu bersih setiap saat. Agar kandang tidak kotor atau busuk yang akan membuat hewan kesayangan kamu terkena penyakit. Bersihkan tempat kotoran dan tempat makan dan minumnya secara teratur dan berkala.

Perawatan.

Perawatan terhadap hewan peliharaan memang harus dilakukan secara teratur berkala, seperti perawatan bulu dan kuku. Bila perlu lakukan perawatan ke dokter hewan setiap 6 bulan sekali agar anda mengetahui kondisi kesehatan binatang peliharaan anda. Jika tidak mau dibawa ke dokter hewan, berikan vaksin tertentu untuk meningkatkan daya tahan tubuh hewan peliharaan kamu terhadap penyakit.

Memperlakukan Hewan dengan Kasih Sayang.

Tidak hanya manusia yang membutuhkan kasih sayang, hewan pun memerlukannya. Seperti kucing yang suka ketika dibelai oleh tuannya. Dengan memberikan kasih sayang yang cukup, maka hewan peliharaan kamu akan selalu senang yang akan bisa mempengaruhi kelangsungan hidupnya menjadi lebih lama.

Cara memelihara binatang peliharaan yang benar yang perlu diketahui

Demikianlah informasi mengenai cara memelihara binatang peliharaan yang benar. Untuk melihat artikel terbaru silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai daftar hewan peliharaan terpopuler di dunia.