Cara membantu kucing persia melahirkan

Post On: June 7, 2016
By: Dhio

Cara Membantu Kucing Persia Melahirkan tidak begitu berbeda dengan kucing kampung. Setelah mengandung selama kurang lebih 2 bulan, kucing Persia akan menuju proses dan tahap selanjutnya yang ditunggu-tunggu, yaitu kucing Persia melahirkan. Sebagai pemilik sebaiknya tahu cara untuk menangani kucing yang akan melahirkan.
cara membantu kucing persia melahirkan

Cara membantu kucing persia melahirkan dalam waktu dekat

Suaranya berubah menjadi Berisik

Menggaruk garuk alas secara agresif

Sibuk mencari tempat persembunyian untuk melahirkan dan sekaligus agar anak-anaknya aman dari kucing lain.

Nafsu makannya berkurang.dari biasanya

Persiapan sebelum kucing Persia melahirkan antara lain

Menyediakan kandang yang nyaman dan hangat

Cukup berupa kardus yang cukup luas, lalu diisi dengan handuk atau alas seperti koran. Lalu tempatkan ditempat yang bersih, tenang dan bisa diawasi dengan baik. Sering tempatkan kucing yang akan melahirkan di dalam kardus tersebut agar ia terbiasa dan merasa nyaman berada di sana dan menyadari bahwa pemiliknya telah memilih tempat yang aman dan nyaman untuk kucing tersebut.

Sebisa mungkin menjauhkan dari kucing kucing lain.
Pada saat melahirkan, kucing tidak suka berada dekat dengan kucing lain, meskipun kucing tersebut saling mengenal sejak lama. Insting keibuan dan proteksi akan semakin tumbuh dan kuat pada saat mendekati kelahiran. Kucing yang baru melahirkan akan langsung menyerang kucing kucing yang mendekatinya.

Sediakan makanan yang cukup dekat dengan sang induk

Jangan biarkan kucing anda sendirian saat melahirkan, terus berikan pengawasan dan pemberian pakan dan minum yang cukup.
beberapa cara membantu kucing persia melahirkan

Perawatan setelah kucing Persia melahirkan

Selalu berikan Makanan dan Vitamin rutin selama seminggu setelah melahirkan. Hal ini dilakukan agar asupan nutrisi setiap harinya selalu terpenuhi dan agar kucing kembali bugar untuk merawat anak anaknya.

Membersihkan Tubuh Kucing Persia. Kucing yang setelah melahirkan pada umumnya dalam keadaan kotor. Banyak kotoran yang menempel pada tubuh seperti bercak darah dan kotoran lainnya. Bersihkan tubuh induk kucing dengan menggunakan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat kemudian basuh tubuh kucing sampai bersih. Setelah itu anda sisir bulunya dengan menggunakan sisir khusus. Hal ini dilakukan agar kotoran yang menempel pada induknya tidak mengotori anak kucing yang baru dilahirkan.
Mencarikan tempat baru yang nyaman. Tempat baru ini haruslah jauh terpisah dari jangkauan kucing lainnya. Tempat ini harus bersih, sejuk dan cukup luas agar kucing lebih nyaman dan agar induknya tidak memindah mindahkan anaknya yang baru dilahirkan.

membantu kucing persia melahirkan
Demikian informasi mengenai cara membantu kucing Persia melahirkan, untuk mengetahui artikel terbaru silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai perawatan kolibri muncang.