Cara melatih burung hantu

Post On: April 19, 2015
By: Dhio
In: Owl

Cara melatih burung hantu mungkin dikira oleh kebanyakan orang sulit dan memakan waktu lama agar jinak, ternyata tidaklah seperti yang diduga kebanyakan orang. Meskipun bentuk dan perawakan burung hantu untuk banyak orang menyeramkan, apalagi dengan kemampuan memutar kepala dan lehernya sebesar 180 derajat. Hal yang membuat buruk burung hantu dipandang mistis karena salah satu pesulap Indonesia yang menggunakan burung hantu sebagai partner dan teman bicara saat melakukan atraksi sulap.

Ketertarikan orang untuk memelihara apalagi mengetahui cara melatih burung hantu karena daya tarik burung hantu ini terletak pada fisiknya dibanding dengan suaranya. Karena kita tahu bahwa suara burung hantu lebih menakutkan dibanding dengan suara burung lain. Sewaktu kecil juga mungkin setiap anak kecil jika melihat burung hantu saja sudah takut, hanya dengan melihat sorot matanya yang tajam apalagi ditambah dengan mendengar suaranya yang seram. Karena bentuk fisiknya yang unik, maka tidak sedikit para pecinta burung menjadikan burung hantu sebagai burung hias. Bentuk fisik yang khas juga ditambah warna bulu burung hantu yang kebanyakan berwarna cokelat, seolah-olah menandakan bahwa burung hantu merupakan burung yang sudah ada sangat lama karena warna bulunya yang antik berwarna cokelat.

melatih burung hantu

Beberapa cara melatih burung hantu

Cara melatih burung hantu mungkin lebih baik dilakukan saat kecil, namun jika umurnya sudah mulai dewasa atau lebih dari 1 tahun maka bisa dilatih dengan memberi makan secara teratur langsung dari tangan anda, jangan lupa untuk memakai sarung tangan yang cukup tebal karena ditakutkan burung hantu yang baru anda pelihara akan menggigit tangan kamu ketika memberi makan burung hantu kesayangan kamu. Cara melatih burung hantu yang lain adalah dengan memanggil burung hantu dengan memberi umpan makanan agar burung hantu mau terbang menuju anda dan hinggap atau bertengger di pergelangan tangan kamu, tapi sebelumnya kamu perlu membeli perlengkapan pelindung burung yang diletakkan di tangan anda. Karena untuk kamu ketahui burung hantu memiliki cengkeraman yang sangat kuat sehingga jika kamu tidak menggunakan pelindung tangan maka tangan kamu akan terluka karena kuatnya cengkeraman burung hantu.

Cara melatih burung hantu berikutnya adalah ketika memberi makan jangan buat burung hantu menjadi kaget, karena karakteristik burung hantu yang sangat sensitif terhadap gerakan dan suara. Oleh karena itu jangan membuat gerakan mendadak secara tiba-tiba atau membuat suara keras secara tiba-tiba karena ditakutkan burung hantu menjadi kaget dan takut dengan kamu. Ketika memberi makan usahakan burung hantu peliharaan kamu melihat kamu khususnya ke arah wajah kamu agar burung hantu mengenali dengan baik siapa tuannya. Untuk memandikan burung hantu,

kamu tidak perlu repot karena ketika hari hujan biasanya burung hantu akan langsung mandi dan kalau kamu mau memandikannya jangan menyiramnya dengan air tetapi tunjukkan saja burung hantu peliharaan kamu menuju tempat mandi nanti dia juga bakalan mandi sendiri. Usahakan tempat mandi burung hantu berukuran dua kali besar tubuhnya, misalnya burung hantu kamu memiliki tinggi 50 Cm maka ukuran tempat mandi burung peliharaan kamu usahakan panjang dan lebar nya 1 meter. Untuk kedalamannya airnya kamu bisa menyediakan air sedalam 10 – 15 Cm. Usahakan ketika kamu membiarkan burung hantu mandi, jangan sampai ia basah kuyup karena jika basah kuyup maka agak lama mengeringkannya.

Cara melatih burung hantu selanjutnya adalah dengan memberikan makanan ketika setiap kali burung hantu berhasil melakukan apa yang kamu perintahkan. Dengan demikian burung hantu kamu terlatih untuk melakukan apapun yang kamu perintahkan karena burung hantu milik kamu tahu bahwa ia akan diberi makan setelah melakukan yang kamu perintahkan.

Cara melatih burung hantu yang lainnya adalah dengan membiasakan burung hantu peliharaan kamu untuk bertengger dan berbaur ditempat yang banyak orangnya agar burung hantu terbiasa tidak takut akan kehadiran manusia disekeliling nya. Burung hantu jangan kamu letakkan dalam sangkar, karena sangkar akan merusak bulu dan membuatnya stress dan akhirnya takut kepada manusia yang mengurungnya. Jadi cukup letakkan burung hantu peliharaan kamu di Perch atau tenggeran yang besar dan panjang agar burung hantu kamu bisa berjalan-jalan di tenggerannya.

cara melatih burung hantu

Makanan burung hantu yang baik adalah seperti dibawah ini dan bisa kamu gunakan untuk melatih burung hantu peliharaan kamu untuk melakukan apa yang kamu perintahkan dengan imbalan memberi mereka makan setiap kali berhasil melakukan apa yang kamu perintahkan.

Makanannya adalah :
1. jangkrik, jangkrik banyak untuk burung hantu karena memiliki kadar protein yang cukup tinggi.

2. cacing putih, cacing putih memiliki kandungan zat kapur sehingga cukup memberi burung hantu peliharaanmu sekali seminggu dengan jumlah sekali memberi 10 ekor cacing putih.

3. Tikus putih sebaiknya diberikan setiap hari dengan jumlah 2 ekor (pada saat setelah maghrib dan sebelum subuh), karena tikus putih merupakan makanan alami burung hantu setiap hari.

4. Daging ayam yang masih segar dan masih ada darahnya dan tidak boleh yang sudah ada pengawet karena akan mempengaruhi kesehatan burung hantu.

5. Ikan lele merupakan jenis ikan terbaik untuk diberi pada burung hantu peliharaanmu karena daging ikan lele ini sedikit keras dan sedikit tulang sehingga cepat membuat kenyang (kurang dianjurkan jika kamu memberi makan dengan ikan mas karena dagingnya yang lembek dan banyak tulangnya).

Hal yang tidak kalah pentingnya dalam melatih burung hantu peliharaan kamu adalah sabar dalam proses melatihnya, karena memerlukan waktu 1-3 bulan dengan latihan setiap hari hingga sampai benar-benar patuh pada tuannya. Cara yang sering dilakukan oleh pelatih burung adalah dengan menunggu burung hantu kelaparan kemudian memanggil burung hantu dengan peluit sambil melambai-lambaikan ikan atau tikus agar si burung hantu mau datang ke pelatihnya. Cara melatih kepatuhan dengan cara ini dimulai dengan jarak yang tidak terlalu jauh seperti dengan jarak 2 meter hingga 10 meter atau lebih. Jika burung hantu peliharaan kamu sudah sangat patuh pada pemiliknya maka jika dipanggil dengan peluit yang sering didengarnya ketika dilatih maka ia akan mendatangimu walaupun dari jarak lebih dari 20 meter, karena kemampuan menangkap suara burung hantu sangat luar biasa dibanding jenis burung falcon sekalipun.

Untuk melihat jenis-jenis burung peliharaan lainnya silahkan lihat di Home. Untuk informasi berikutnya silahkan lihat di tips memelihara burung hantu.