Cara benar untuk memandikan anjing peliharaan

Post On: November 8, 2017
By: Dhio

Setiap pemilik anjing harus tahu cara benar untuk memandikan anjing peliharaan agar selalu tampak segar dan sehat. Anda cukup memandikan anjing kesayangan anda seminggu sekali atau maksimal 2 kali dalam seminggu.

Cara benar untuk memandikan anjing peliharaan

Beberapa cara benar untuk memandikan anjing peliharaan

  1. Pertama tama gunting dulu kukunya.
  2. Gunting bulu yang ada di telapak kaki anjing karena bulu ini membuat anjing menjadi licin ketika berjalan.
  3. Gunting bulu yang ada di sekitar dubur agar kotoran tidak tersangkut di bulunya. Terutama ketika anjing menderita diare.
  4. Sisir terlebih dahulu sebelum dimandikan agar tidak ada bulu yang kusut saat dibasuh dengan air.
  5. Bersihkan bagian sensitif di tubuh anjing dengan tisu atau kapas yang dicampurkan dengan alkohol yang bisa anda beli di petshop.
  6. Siram anjing secara pelan pelan. Jangan menggunakan sprayer karena tekanan airnya bisa melukai anjing. Atau bisa juga menggunakan selang dengan volume air yang keluar sedikit demi sedikit.
  7. Mulai dengan basuh badan anjing baru kebagian kepala, ini agar anjing tidak kaget.
  8. Setelah basah merata, tuangkan shampo khusus anjing lalu gosok hingga berbusa.
  9. Gunakan sikat halus agar kotoran mudah hilang dan jangan lupa untuk membersihkan bagian duburnya karena mungkin ada kotoran tinja kering.
  10. Setelah semua badan dibersihkan dengan shampo, bilas sebersih bersihnya agar tidak ada shampo yang tertinggal. Shampo yang tertinggal di badan anjing bisa merusak kulit dan bulu anjing menjadi rusak.
  11. Keringkan badan anjing dengan handuk yang memiliki daya serap tinggi dan gunakan blower khusus untuk anjing. Jangan gunakan hair drier karena hanya akan membakar kulit dan bulu anjing. Setelah itu biarkan anjing berjemur 30 menit.
  12. Setelah benar benar kering, sisir satu arah seluruh bulu anjing.

beberapa Cara benar untuk memandikan anjing peliharaan

Demikian informasi mengenai cara benar untuk memandikan anjing peliharaan. Semoga informasi diatas membantu anda. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara menggunting kuku anjing yang benar.