Burung hantu di Alam Bebas

Post On: April 21, 2015
By: Dhio
In: Owl

Burung hantu di alam bebas memiliki sifat dan cara hidup seperti di bawah ini:

1. Menjaga badan agar tidak terlalu gemuk yang akan memperlambat daya serang dan daya tangkap mangsanya. Burung hantu melakukan diet dengan hanya memakan serangga-serangga dan reptil kecil.
2. Burung ini memakan mangsanya dengan mengoyak (sama dengan jenis burung lainnya) dan menelan potongan kecil dari tubuh mangsanya.
3. Hampir seluruh tubuh burung dipersiapkan untuk berburu di malam hari dimulai dengan paruhnya yang kuat untuk mengoyak, bulu di tubuhnya bisa meminimalkan suara sehingga bisa terbang tanpa suara untuk menangkap mangsanya, telinganya tertutup dan tersembunti oleh bulu yang terdapat di belakang matanya. walaupun telinganya tertutup tapi indra pendengarannya sangat luar biasa disebabkan bentuk wajahnya yang cekung sehingga memusatkan suara tepat di telinganya.

burung hantu

Burung hantu di alam bebas

4. setiap kaki burung ini memiliki 4 jari, 2 jari menghadap ke depan dan 2 jari mengadap ke belakang sehingga sangat kuat dalam mencengkeram mangsanya.
5. Paruh burung ini cukup besar, tetapi karena tertutupi oleh bulu yang banyak menyebabkan paruhnya terlihat kecil. Paruh burung hantu berbentuk seperti paruh burung elang yaitu pendek, besar dan bengkok sehingga menjadi alat pengoyak yang sempurna.
6. Mata burung ini sangatlah unik, karena iris mata yang dapat membesar dan menggunakan cahaya sekecil apapun didalam keadaan gelap gulita untuk berburu, kemampuan ini sangatlah sedikit dimiliki oleh hewan pemburu lainnya. dan mata burung hantu hanya melihat ke depan jadi sangat fokus melihat pergerakan satu mangsa yang sudah diincarnya.

burung hantu di alam bebas

7. Menurut para ahli, sayap yang dimiliki burung hantu bisa dikepakkan tanpa menimbulkan suara sehingga tidak bisa didengar manusia yang memanfaatkan gelombang suara ultrasonik. Hal ini disebabkan karena bulu sayap nya terbuat seperti kapas dan bulu-bulu yang banyak di bagian depan dan belakang sayapnya mengurangi perputaran atau turbulensi aliran udara. Sayap burung hantu juga bisa mencapai 3 X panjang tubunya, keren kan gan.
8. Burung hantu di alam bebas juga mengeluarkan Suara pekikan yang cukup mengerikan, pekikan burung hantu bisa berupa jeritan panjang yang melengking yang cukup menakutkan dan juga bisa mengeluarkan suara berat yang menggema.
9. Burung hantu merupakan jenis burung yang suka mandi dan bisa bertengger dan berdiri sangat lama di atas air.
10. Jenis kelamin betina bertelur bahkan bisa mencapai 10 ekor. Sarangnya berada dilubang-lubang pohon yang tinggi. Sang betina mendapat tugas untuk mengerami telur sedangkan sang jantan mencari makan. Selama sang betina mengerami telurnya memakan waktu antara 4-d minggu.
11. Jenis burung yang apabila bertengger tidak banyak melakukan gerakan sehingga sulit untuk melihatnya apalagi didalam hutan.
12. Di negara kita tercinta yaitu Indonesia, ada beberapa desa yang menggunakan dan bahkan melindungi burung hantu. karena burung hantu adalah predator binatang pengerat alami yang sangat produktif karena satu pasang burung ini bisa melindungi dan mencover area pertanian seperti padi dan perkebunan kelapa sawit hingga seluas 25 hektar. Produktifitas burung ini juga cukup mengesankan yaitu satu ekor burung hantu bisa memakan lebih dari 1300 tikus pertahunnya, jadi petani tidak perlu mengeluarkan uang dan tenaga tambahan untuk melindungi tanaman, cukup dengan memelihara burung ini di alam bebas maka burung hantu akan sangat efektif dalam membasmi hama pengerat seperti tikus.

Untuk informasi mengenai jenis-jenis burung peliharaan silahkan lihat di home. Untuk informasi berikutnya silahkan lihat di gejala penyakit pada burung hantu.