Berbagai penyakit kulit pada kucing peliharaan

Post On: November 9, 2017
By: Dhio

Setiap pemilik kucing harus tahu berbagai penyakit kulit pada kucing peliharaan. Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut.

Berbagai penyakit kulit pada kucing peliharaan

Berbagai penyakit kulit pada kucing peliharaan seperti

Kulit Bernanah

Kulit bernanah dimulai dari kulit yang luka yang tidak segera dibersihkan. Cara mengobatinya yaitu dengan mengoleskan zat antiseptik dan bawa ke dokter hewan. Selama dalam masa perawatan selalu tempatkan kucing dalam kandang agar borok tak jadi kotor dan semakin parah.

Kutu Telinga

Kutu telinga bisa menyebabkan banyak iritasi hingga kondisi pendarahan yang cukup parah. Penyakit ini membuat kucing tidak bersemangat, terobsesi menggaruk telinga, dan ada bau tidak sedap dari kucing meski telah dimandikan. Cara mengobatinya yaitu dengan membuang semua kutu dan kotoran di sana. Atau jika anda merasa jijik, bisa cukup oleskan obat oles anti kutu yang bisa anda dapatkan dari dokter hewan.

Kutu Loncat

Mungkin ini adalah masalah yang banyak menyerang kucing peliharaan. Hewan kecil ini suka berlindung di badan kucing yang sulit untuk diperhatikan. Cara mengatasinya yaitu selalu mandikan kucing setiap minggu sambil mencampurkan shampo anti kutu di cairan mandinya.

Psychogenic Alopecia

Ini adalah penyakit dimana bagian rambut di tubuh kucing mulai menipis. Ini terjadi karena kucing terlalu agresif dalam menjilat rambutnya sendiri. Biasanya terjadi di bagian punggung ataupun perut secara perlahan-lahan. Hal ini dikarenakan kucing mengalami stress. Untuk mengobatinya karantina kucing ke area yang lebih aman dan nyaman. Biarkan mereka sementara waktu untuk menenangkan diri, dan selalu berikan makanan kesukaannya. Ini dilakukan agar kucing tidak mengalami stress yang akan menyiksa dirinya sendiri.

Berbagai penyakit kulit pada kucing peliharaan yang perlu diwaspadai

Demikian informasi mengenai berbagai penyakit kulit pada kucing peliharaan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara yang benar memotong kuku kucing.