Berbagai jenis ikan hias lohan

Post On: May 16, 2016
By: Dhio

Ikan hias Lohan atau Flowerhorn adalah jenis ikan hias air tawar yang banyak digemari pecinta ikan. Ikan ini unik dengan ciri khas benjolan dikepala yang disebut dengan jenong. Ikan hias lohan adalah ikan hias air tawar yang hidup dengan baik didalam aquarium yang sebaiknya berukuran panjang minimal 1 meter.

Ikan louhan adalah ikan spesies hybrid yang artinya perkembangbiakan ikan ini turunan melalui proses campur tangan manusia. Campur tangan manusia biasanya untuk mendapatkan benjolan unik di kepalanya.  Beberapa jenis ikan louhan  biasanya hidup di wiliayah Asia Tenggara.

ikan hias lohan di indonesia

Jenis ikan hias lohan yang bisa dipelihara

Jenis ikan hias lohan yang pertama yaitu Ikan hias Louhan Kemalau

Jenis ikan hias lohan ini adalah yang paling banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Harga ikan lohan jenis ini bahkan bisa mancapai puluhan juta rupiah karena tergolong jenis yang langka. Keistemewaan ikan ini terdapat pada bagian tubuh yang memiliki bentuk mutiara khas yang tidak bisa ditemukan pada jenis ikan lainnya.

Ikan Lohan Golden Base

Ikan lohan golden base memiliki warna yang berbeda dibanding ikan lohan jenis lainnya karena memiliki warna kuning kemerahan pada sebagian besar bagian tubuh. Tubuh ikan Lohan golden base juga tidak memiliki bintik hitam yang biasanya terdapat pada spesies louhan lainnya.

Jenis Ikan hias Lohan Cencu

Lohan Cencu adalah ikan louhan yang cukup popular oleh pecinta ikan. Mutiara adalah faktor atau alasan utama kenapa ikan ini banyak dicari. Keberadaan mutiara yang ada dikepalanya membuat ikan ini disebut sebagai ikan lohan mutiara. Lohan cencu dibagi menjadi dua jenis yaitu jenis cencu modern dan cencu klasik. Jenis klasik memiliki warna yang lebih menonjol dibanding jenis modern namun mutiaranya tidak banyak, sedangkan jenis modern memiliki jumlah mutiara yang lebih banyak bahkan sampai pada bagian pipi dan kepalanya. Harga ikan louhan ini yang bagus biasanya lebih dari 1 juta rupiah.

Berbagai jenis ikan hias lohan

Jenis ikan hias lohan yang keempat yaitu Louhan Kamfa

Ikan louhan kamfa adalah jenis ikan louhan termahal yang harganya bisa mencapai 200 juta rupiah. Harga tersebut membuat louhan kamfa masuk dalam jajaran ikan hiar air tawar termahal untuk diperlihara di dalam aquarium. Ikan lohan kamfa  memiliki sebutan golden flower karena warna dan bentuk tubuhnya yang berbeda dengan jenis ikan lainnya.

Louhan Super Red Dragon

Ikan lohan ini memiliki warna merah terang yang tajam. Ikan ini adalah asli Thailand yang telah dikenal diberbagai Negara. Harga louhan super red dragon berkisar diangka 2 jutaan namun akan semakin mahal jika kepalanya yang non-nong  semakin menonjol.

Louhan Super Red Texas / SRT

Dinamakan demikian karena ikan lohan super red dragon dari Thailand dikawin silangkan dengan ikan texas chiclod.

Jenis ikan hias lohan yang ketujuh yaitu Ikan Louhan Rainbow King

Ikan louhan jenis ini adalah raja dalam beberapa kontes louhan internasional. Ikan ini berasal dari negara Singapura dan mengalahkan kepopuleran jenis ikan louhan lainnya seperti kamfa. Warna tubuh menyerupai pelangi menjadi alasan utama mengepa ikan ini disebut dengan rainbow king.

Berbagai jenis ikan hias lohan yang bisa dipelihara

Lohan Super Red Synspillum (SRS)

Ikan lohan jenis ini dijuluki ikan lohan kamfanya orang Thailand. Warna ikan ini merah bercampur dengan oranye sehingga akan terlihat eksotis saat berenang.

Demikian informasi mengenai berbagai jenis ikan hias lohan. Untuk mengetahui artikel berikutnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai memelihara ikan hias nemo.