Aneka ikan hias laut

Post On: November 30, 2015
By: Dhio

Aneka ikan hias laut memang sangat memukau. Ikan hias laut mempunyai kekhususan sendiri. Warna yang indah, bentuk yang bermacam-macam serta tingkah lakunya yang berbeda-beda. Dan jika digabungkan dalam satu akuarium maka akan memberikan perpaduan yang serasi dalam lingkungan akuarium. Memang mengasyikkan jika kita memiliki dan memelihara aneka ikan hias laut di akuarium. Ada sekitar lima ratus lebih jenis ikan laut yang ada di perairan indonesia, dan hampir semua ikan hias laut bisa ditemukan di toko penjual ikan.

Aneka ikan hias laut bagus

Beberapa aneka ikan hias laut yang populer.

Ikan klon atau giru (bahasa latinnya Amphiprion). Ikan ini penampilannya sangat lucu. Gerakannya mirip badut dalam rombongan sirkus. Ukuran ikan ini tidak terlalu besar karena hanya 10 Cm. Ikan ini biasanya sangat gesit dengan warna kekuning-kuningan hingga hitam atau bergaris-garis seperti zebra.

Ikan keling dari famili Labridae. Jenisnya cukup banyak, tetapi yang banyak digemari adalah keling merah putih Coris Greenovil. Ikan ini banyak terdapat di Selat Bali. Warna dasarnya merah dengan belang-belang putih.

Ikan kepe-kepe yang berasal dari famili Chetodontidae. Ikan jenis ini sangat senang berenang-renang menelusuri sela-sela bunga karang. Umumnya bertubuh pipih, mulut kecil dan lancip, hingga ada yang monyong sekali. Ikan sejenis yang bernama ikan layaran, bukan mulutnya yang panjang melainkan ia mempunyai sirip panggung yang panjang sekali, melebihi panjang badannya. Kepe-kepe ini banyak sekali jenisnya, dengan warna-warni dan motif yang bermacam-macam pula. Diantaranya Tetragonopterus Octofasciatus mempunyai garis-garis melintang.

Aneka ikan hias laut cantik

 

Famili Acanthuridae, yang terkenal adalah ikan sekartaji Paracanthurus hepatus alias ikan leter enam. Dinamakan ikan leter enam karena memiliki gambar angka enam berwarna biru di badannya. spesies lainnya dari famili ini berwarna biru Canthurus Leucsternon dan keranjang bali Zebrasoma Veliferum, yang mempunyai duri di dekat pangkar ekor sebagai alat bela diri atau senjata ampuh untuk melukai mangsanya. Mereka suka menyelinap di sela-sela karang.

 

Apogon nematopterus atau ikan serinding malam. Merupakan ikan yang menarik jika diperhatikan karena berenangnya yang selalu putus-putus, berhenti sesaat lalu bergerak lagi dan berhenti lagi secara tiba-tiba, termasuk dalam famili Apoginidae.

Ikan tepu dari famili Scorpeonidae. Merupakan ikan hias berwajah seram, bahkan cukup mengerikan karena mirip barongsai. Sirip dadanya sangat besar menyerupai sayap terkembang. jenis yang bagus antara lain Pterois Volitans alias lepu ayam. Duri-duri siripnya panjang dan mengandung racun. Bila duri ini mengenai bagian tubuh kita, dalam waktu singkat bagian tubuh yang tertusuk akan membengkak.

Ikan buntel. dikelompokkan ke dalam Famili Ostraciontidae. Jenis buntel yang sangat lucu ialah buntel kotak Ostracion Tuberculata dan buntel tanduk O.Cornuta. Ikan buntal memiliki racun yang cukup kuat. Ikan buntal bisa mengembangkan tubuhnya menjadi bulat atau cenderung berbentuk kotak.

Aneka ikan hias laut

Demikianlah informasi mengenai aneka ikan hias laut yang bisa diberikan. Untuk informasi mengenai jenis-jenis burung peliharaan yaitu Home. Untuk informasi berikutnya silahkan lihat diĀ ikan layaran kuning yang cantik.