Alasan kucing harus mandi teratur

Post On: November 10, 2017
By: Dhio

Setiap pemilik kucing harus tahu alasan kucing harus mandi teratur. Kucing memang diketahui suka membersihkan diri sendiri dengan menjilati tubuhnya. Namun ada manfaat baik pemiliknya memandikan kucing peliharaannya.

Alasan kucing harus mandi teratur

Beberapa alasan kucing harus mandi teratur.

Kucing memiliki bulu yang panjang. Kucing seperti kucing persia memiliki bulu yang panjang sehingga perlu dimandikan secara berkala. Mandi untuk kucing secara teratur sekali setiap minggu bisa mengurangi potensi menderita kutu, rambut gimbal dan mengurangi penyakit kulit lainnya.

Kucing sering beraktivitas di luar rumah. Karena sering beraktivitas di luar rumah, maka kucing pulang dengan keadaan banyak debu, ada kutu, badan kotor dan berpeluang menyebarkan parasit di dalam rumah. Sehingga untuk kucing yang sering beraktivitas di luar rumah perlu untuk dimandikan 2 kali dalam seminggu agar kebersihan bulu dan kulitnya senantiasa terjaga.

Kucing sudah berusia tua. Kucing tua biasanya sudah tidak teratur lagi membersihkan badannya sehingga perlu bantuan pemiliknya untuk menjaga kebersihan bulu dan kulitnya.

Menghindari penyakit kulit seperti infeksi jamur diseluruh tubuh. Jangan lupa untuk membeli shampo khusus untuk kucing untuk menghilangkan beberapa gangguan kulit dan bulu pada kucing.

Jika anda malas memandikan kucing anda, berikut ini beberapa cara membersihkan badan kucing tanpa harus memandikannya.

Selalu rutin memotong kukunya setiap minggu.

Membersihkan area mata dengan handuk yang diberi air hangat setiap paginya.

Membersihkan telinga kucing setiap harinya dengan cutton bud yang dibasahi dengan baby oil.

Menyisir bulu kucing setiap hari dengan sisir kutu khusus kucing. Agar bulunya tetap bersih dan terbebas dari kutu.

Mengoleskan sedikit obat antiparasit di kulit kucing agar terhindar dari kutu maupun tungau.

beberapa Alasan kucing harus mandi teratur

Demikian informasi mengenai Alasan kucing harus mandi teratur. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai gejala dan ciri ciri kucing terkena penyakit distemper.